Selasa, 05 Januari 2016

Optimalisasi penggunaan BBM pada kendaraan

Kesimpulan Obrolan di Waroeng nDopok soal trik memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada motor.

1. Rantai Motor Kendor.

Rantai sebagai perantara pemindahan tenaga dari mesin ke roda belakang memiliki fungsi yang vital, sehingga dalam proses bekerjanya harus diminimalkan adanya jeda waktu sepersekian detik sampai tenaga dari masin berpindah ke roda belakang.

Rantai yang kendor tidak bisa seketika mentransfer tenaga ke roda, karena ada waktu yang dibutuhkan untuk membuat rantai menjadi kencang untuk kemudian menarik gigi-gigi di gear roda belakang, kehilangan waktu sudah barang tentu menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi berlebih sampai roda belakang mulai bergerak maju. Berbeda dengan stelan rantai yang pas, maka delay waktu bisa di minimalisir dengan kata lain ketika terjadi peingkatan laju kompresi yang membutuhkan peningkatan konsumsi bahan bakar, proses laju kendaraan berlangsung lebih cepat.


Rantai yang karatan juga mengakibatkan proses transfer tenaga menjadi berat yang seiring dengan itu juga dibutuhkan tenaga lebih besar untuk sebuah laju kendaraan yang biasa, maka perawatan rantai dengan secara rutin memberi minyak pelumas akan membuat proses transfer tenaga menjadi lebih ringan.


Oke... sampai disini kita jeda untuk minum kopi Toraja dulu, untuk selanjutnya akan kita bahas tentang efek tekanan ban pada konsumsi bahan bakar kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar